Sabtu, 05 Oktober 2013

Perilaku konsumen

Perilaku Konsumen dan Mencakup Ilmu Perilaku Konsumen

·         Perilaku konsumen
Perilaku konsumen adalah  proses dimana konsumen secara langsung mengambil keputusan dalam memilih, membeli, memakai serta  memanfaatkan produk jasa, gagasan atau pengalaman dalam memuaskan kebutuhan konsumen. Dalam perilaku konsumen tersebut ada 2 hal yg mendasari konsumen untuk pengambilan keputusan, Low-involvement atau bisa artikan harga barang rendah, dapat dengan mudah konsumen mengambil keputusan. High-involvement atau bisa diartikan harga barang tinggi, proses pengambilan keputusan ini perlu dilakukan pertimbangan secara matang-matang.                   

·         Cakupan Ilmu  Perilaku Konsumen
Studi konsumen memberikan petunjuk untuk memperbaiki dan memperkenalkan produk atau jasa, menetapkan harga, perencanaan saluran, menyusun pesan, dan mengembangkan kegiatan pemasaran lain termasuk dalam mengetahui perilaku konsumen. Pemasar harus sepenuhnya memahami teori maupun realitas perilaku konsumen, mencakup beberapa fakta penting tentang konsumen dan tren konsumen masa depan. Perilaku pembelian konsumen sebenarnya di pengaruhi oleh faktor-faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Sedangkan faktor yang paling berpengaruh dan paling luas dan paling dalam adalah faktor budaya.
  
Konsumen dan Ciri-Ciri Konsumen

·         Siapakah Konsumen itu?
Setiap kita pernah menjadi konsumen bahkan mungkin konsumen sejati. Karena setiap hari kita menggunakan berbagai produk dan jasa yang ditawarkan oleh pihak lain. Sehingga, mau tidak mau pengalaman pahit sebagai seorang konsumen sedikit banyaknya ada kita alami. Mulai dari perasaan tidak puas, kecewa, harga produk yang terlalu tinggi dan sebagainya. Baiklah, siapakah konsumen itu? Konsumen adalah setiap orang yang memakai (mengkonsumsi) barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, bukan untuk diperdagangkan kembali. Baik untuk digunakan sendiri, keluarga, ataupun makhluk hidup lain.
Dengan kata lain, konsumen adalah rantai terakhir dalam sistem distribusi atau rantai pemasaran suatu produk/jasa. 

·         Ciri-Ciri Konsumen
Perilaku Konsumen secara umum dibagi menjadi 2 yaitu Perilaku Konsumen yang bersifat Rasional dan Irrasional.

Berikut ini beberapa ciri-ciri dari Perilaku Konsumen yang bersifat Rasional:
  • Konsumen memilih barang berdasarkan kebutuhan
  • Barang yang dipilih konsumen memberikan kegunaan optimal bagi konsumen
  • Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin
  • Konsumen memilih barang yang harganya sesuai dengan kemampuan konsumen

Beberapa ciri-ciri Perilaku Konsumen yang bersifat Irrasional:
  • Konsumen sangat cepat tertarik dengan iklan dan promosi di media cetak maupun elektronik
  • Konsumen memiliki barang-barang bermerk atau branded yang sudah dikenal luas
  • Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan gengsi atau prestise
Dua wujud konsumen
Personal Consumer      : Konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
Organizational Consumer  : Konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.

Kekuatan Utama dalam Mempertajam Penelitian Tentang konsumen
  • ·  Melakukan penelitian yang bersifat eksplorasi, metode yang digunakan adalah metode mempengaruhi dan metode memfokuskan kelompok. Metode mempengaruhi konsumen melalui pemberian sugesti kepada konsumen secara spontan. Sedangkan metode memfokuskan kelompok konsumen tersebut dengan nya mengasosiakan secara bebas terhadap masalah – masalah yang ada dalam pasal. Penelitian eksplorasi tidak direncanakan untuk menyimpukan jawaban dalam meneliti pertanyaan yang diberikan konsumen. Oleh karena itu,  peneliti mengenai kesimpulan konsumen terhadap suatu produk, mereka dan pelayanan itu penting peneliti kesimpulan konsumen dapat juga digunakan menentukan apa yang mempengaruhi konsumen.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar